Popular posts

Randi Dwi Anggriawan On Rabu, 03 April 2013


MANFAAT DAN KERUGIAN TUMBUHAN AIR DALAM PERAIRAN


Tugas Mata Kuliah
Ekologi Perairan
Kelas A02



Oleh :
Randi Dwi Anggriawan          115080300111130

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2013

-------------------------------------------------------------------------------

Tumbuhan tingkat tinggi yang hidup di perairan digolongkan menurut cara hidupnya menjadi :

1.        Tumbuhan yang daunnya muncul diatas permukaan air, batang di dalam air, dan akar didalam tanah.
Tumbuhan jenis ini memiliki segi positif dengan menyediakan oksigen bagi organisme di udara oleh daunnya yang tumbuh diatas permukaan air, akarnya yang berada didalam tanah juga tidak terlalu mengganggu ketersediaan nutrien dan unsur hara yang ada di air karena nutrien dan unsur hara yang diambilnya berasal dari dalam tanah. Tumbuhan jenis ini juga dapat dijadikan sebagai tempat berkembang biak ikan-ikan dengan melekatkan telurnya pada batangnya. Segi negatif pada tumbuhan jenis ini adalah jika keberadaannya melimpah dapat mengurangi area hidup organisme/hewan perairan sehingga mengganggu pergerakan dan aktivitasnya di air.

2.        Tumbuhan yang daunnya muncul diatas permukaan air, batang dan akarnya melayang didalam air.
Tumbuhan jenis ini memberikan oksigen di udara karena daunnya yang tumbuh di atas permukaan air, akar-akarnya yang melayang didalam air dapat menyerap nutrien dan unsur hara yang terdapat di air, selain itu beberapa jenis tumbuhan ini akarnya dapat menyerap logam seperti besi untuk menetralisir perairan dari pencemaran logam sehingga keberadaannya dapat dijadikan sebagai indikator pencemaran perairan. Selain itu akarnya bisa dijadikan tempat pemijahan ikan. Seperti eceng gondok, kemampuan tanaman inilah yang banyak di gunakan untuk mengolah air buangan, karena dengan aktivitas tanaman ini mampu mengolah air buangan domestic dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Segi negatif dengan melimpahnya tumbuhan jenis ini adalah akarnya dapat menyerap nutrien dan unsur yang terdapat di air sehingga organisme/hewan air lain tidak memperoleh nutrien dan unsur hara yang cukup untuk tumbuh.

3.        Tumbuhan yang daunnya muncul diatas permukaan air, tidak memiliki batang, dan akarnya melayang didalam air.
Tumbuhan jenis ini kelimpahannya memiliki beberapa segi positif dengan menyerap senyawa toksik terlarut dalam saluran air masuk (irigasi) dan saluran air keluar (drainase) seperti Fe dan SO4 sehingga memiliki sifat toleran terhadap kelarutan besi yang tinggi. Terdapat tumbuhan air jenis ini yang akarnya dapat mengikat logam seperti tanaman gelam Melaleuca sp sehingga dapat menjadi indikator pencemaran air. Sedangkan segi negatif dengan adanya kelimpahan tumbuhan ini adalah terhalangnya cahaya masuk kedalam perairan sehingga organisme/hewan air tidak dapat menerima cahaya dengan baik, selain itu akar-akanya yang tumbuh menyerap nutrien dan unsur hara yang terdapat di air yang seharusnya dikonsumsi oleh organisme/hewan air, contohnya eceng gondok, yang juga dapat menyebabkan pendangkalan perairan. Berikut manfaat dan kerugian adanya enceng gondok.
Manfaat :
a)      Mempunyai sifat biologis sebagai penyaring air yang tercemar oleh berbagai bahan kimia buatan industri.
b)      Sebagai bahan penutup tanah dan kompos dalam kegiatan pertanian dan perkebunan.
c)      Sebagai sumber gas yang antara lain berupa gas ammonium sulfat, gas hidrogen, nitrogen dan metan yang dapat diperoleh dengan cara fermentasi.
d)     Bahan baku pupuk tanaman yang mengandung unsur NPK yang merupakan tiga unsur utama yang dibutuhkan tanaman.
e)      Sebagai bahan industri kertas dan papan buatan.
f)       Sebagai bahan baku karbon aktif.
Kerugian :
Kondisi merugikan yang timbul sebagai dampak pertumbuhan eceng gondok yang tidak terkendali di antaranya adalah:  
a)      Meningkatnya evapontranspirasi.
b)      Menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air (Dissolved Oxygen).
c)      Mengganggu lalu lintas (transportasi) air, khususnya bagi masyarakat yang kehidupannya masih tergantung dari sungai seperti di pedalaman Kalimantan dan beberapa daerah lainnya.
d)     Meningkatnya habitat bagi vektor penyakit pada manusia.
e)      Menurunkan nilai estetika lingkungan perairan.
4.        Tumbuhan yang seluruh tubuhnya melayang didalam air
Tumbuhan jenis ini seluruh aktifitas hidupnya berada di dalam air sehingga daunnya dapat menyediakan oksigen bagi perairan yang dapat dimanfaatkan oleh organisme/hewan air lainnya, selain itu juga tumbuhan jenis ini sebagai makanan bagi organisme/hewan lain. Segi negatif dengan adanya kelimpahan tumbuhan jenis ini adalah mereka dapat menyerap nutrien dan unsur hara yang ada di dalam air sehingga mengurangi ketersediaan nutrien dan unsur hara bagi organisme/hewan lain, selain itu produksi karbondioksidanya keluar didalam air sehingga apabila tumbuhan ini tumbuh melimpah maka akan menyebabkan perairan menjadi asam dan akhirnya dapat mengganggu aktifitas hidup organisme/hewan lain.

5.        Tumbuhan yang daunnya muncul diatas dasar perairan dan akarnya didalam tanah.
Tumbuhan jenis ini dapat menyediakan oksigen bagi air yang dapat dimanfaatkan oleh organisme/hewan air contohnya ikan karena daunnya tumbuh diatas dasar perairan, selain itu juga daunnya bisa menjadi makanan bagi ikan herbivora. Akarnya yang tumbuh didalam dasar perairan/tanah tidak mengganggu unsur hara dan nutrien dalam air karena mereka mengambilnya dari dalam tanah. Daunnya juga bisa menjadi tempat perkembangbiakan dan melekatnya telur ikan. Segi negatif dengan melimpahnya tumbuhan jenis ini dapat mengganggu dengan tingginya kadar karbondioksida dalam air sehingga mempengaruhi aktifitas hidup organisme/hewan air lain seperti ikan, apabila keberadaannya terus melimpah maka dapat menyebabkan air menjadi asam oleh produksi karbondioksida yang melimpah.





{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. halo, ini sumbernya darimana yah? boleh tolong dikasih tau? terima kasih

    BalasHapus